Cara Mengatasi Exhaust Brake Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Exhaust Brake Tidak Berfungsi – Exhaust brake merupakan salah satu komponen pada mesin kendaraan yang memiliki fungsi sangat penting.

Namun, exhaust brake bisa saja tidak berfungsi jika sensor-sensor pembantunya sedang bermasalah. Untuk mengatasinya, berikut ini beberapa cara mengatasi exhaust brake tidak berfungsi.

Pengertian Exhaust Brake

Bagi Anda yang pernah naik bus atau kendaraan besar lainnya, pasti pernah merasa was-was ketika berada di jalan menurun bukan? Bisa jadi Anda berpikiran bagaimana jika terjadi rem blong dan kendaraan meluncur bebas.

Namun, tidak perlu khawatir dalam kondisi ini karena kendaraan besar selalu memiliki exhaust brake.

Exhaust brake akan sangat membantu mengurangi kecepatan kendaraan saat berada di jalanan menurun. Secara sederhana, exhaust brake atau rem angin merupakan sebuah rem tambahan yang akan membantu mengurangi kecepatan.

Komponen mesin yang satu ini memanfaatkan kekuatan putaran mesin dengan cara menutup tekanan gas buang. Tekanan gas buang yang dimampatkan tersebut nantinya akan menahan mesin kendaraan berputar. Dengan begitu, secara perlahan kecepatan kendaraan dapat berkurang.

Penyebab Exhaust Brake Tidak Dapat Berfungsi

Melihat betapa pentingnya fungsi exhaust brake pada kendaraan, seorang pengendara harus selalu memastikan komponen yang satu ini berfungsi dengan baik. Jangan sampai tidak berfungsi, karena menimbulkan akibat yang sangat fatal.

Hal-hal yang dapat mengakibatkan exhaust brake tidak dapat berfungsi adalah karena sensor-sensor pembantunya mengalami masalah. Salah satu masalah yang biasa terjadi adalah switch sensor yang terletak di pedal gas atau kopling kendor, posisinya berubah atau yang lainnya.

Jika hal tersebut terjadi, maka switch tersebut tentunya tidak dapat bekerja dengan baik dan akan mengganggu fungsi exhaust brake. Selain switch bagian pedal gas dan kopling yang rusak, tidak berfungsinya exhaust brake juga bisa disebabkan karena switch transmisi yang terputus.

Namun, exhaust brake bisa saja tidak berfungsi karena tuasnya mengalami kerusakan. Jika hal ini terjadi, exhaust brake pasti tidak akan bekerja dengan baik. Tuas rem angin tersebut sebenarnya perlu dicek secara teratur, akan tetapi pengecekan tersebut cukup sulit dilakukan.

Cara Mengatasi Exhaust Brake yang Tidak Berfungsi

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, exhaust brake tidak dapat berfungsi bisa jadi disebabkan karena beberapa hal. Nah, untuk mencari tahu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya, yuk perhatikan penjelasan berikut ini.

1. Periksa Tombol Switch yang Berada di Bawah Kopling dan Pedal Gas

Cara mengatasi exhaust brake tidak berfungsi yang pertama adalah dengan mengecek tombol switch yang letaknya di bawah kopling dan pedal gas. Coba Anda cek keadaannya terlebih dahulu untuk memastikan apa penyebab tidak berfungsinya exhaust brake ini.

Exhaust brake bisa saja tidak dapat berfungsi karena tombol switch kurang ke bawah dan kurang menyentuh plat pedal.

Jika Anda mendapati keadaan yang demikian, silahkan atur ulang. Pastikan tombol berada di posisi yang seharusnya. Cek juga keadaan tombol, apakah kendor atau tidak.

2. Periksa Keadaan Switch Sensor Transmisi

Jika langkah di atas telah Anda lakukan, namun ternyata semuanya dalam keadaan aman, dan exhaust brake masih belum berfungsi, coba cara yang kedua ini.

Silahkan Anda periksa switch sensor transmisinya. Kemungkinan kerusakan terjadi pada bagian yang satu ini.

Periksa keadaan switch sensor transmisi, apakah terputus atau tersambung. Jika ketika Anda mengecek keadaannya ternyata terputus, segera lakukan perbaikan.

Sekiranya masih bisa diperbaiki, silahkan diperbaiki. Akan tetapi, jika keadaan switch transmisi sudah sangat mengkhawatirkan dan tidak bisa diperbaiki lagi, segera ganti dengan yang baru. Semoga saja cara yang kedua ini bisa mengembalikan fungsi dari exhaust brake.

3. Periksa Keadaan Tuas Pada Exhaust Brake

Cara lain yang bisa Anda lakukan jika ternyata tombol switch dan switch transmisi dalam keadaan aman adalah dengan memeriksa tuas exhaust brake.

Bisa jadi rem angin tersebut tidak berfungsi karena tuasnya mengalami kerusakan. Pengecekan bagian ini lumayan sulit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda bawa ke bengkel agar lebih aman.

Cara mengatasi exhaust brake tidak berfungsi harus disesuaikan juga dengan penyebabnya. Jika Anda mendapati exhaust brake tidak berfungsi, sebaiknya segera cari penyebabnya dan lakukan perbaikan. Jangan menunda-nunda supaya kendaraan dapat berjalan dengan optimal.

Tinggalkan komentar