Cara Menghitamkan Ban Motor Agar Terlihat Seperti Baru

Cara Menghitamkan Ban Motor Agar Terlihat Seperti Baru – Ban motor adalah salah satu bagian penting dari kendaraan roda dua. Namun, jika kamu memakainya setiap hari, lama kelamaan warna ban motor ini tidak akan hitam lagi.

Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara menghitamkan ban motor yang bisa Kamu praktekkan.

Beberapa cara yang dimaksud disini sangatlah mudah diterapkan. Kamu pun bisa memilih alternatif yang dirasa paling praktis. Lalu, bagaimana saja caranya? Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Cara Menghitamkan Ban Motor Agar Mengkilap

1. Melapisi Ban Dengan Silikon Cair

Cara pertama yang bisa Kamu terapkan untuk menghitamkan ban motor adalah menggunakan silikon cair. Banyak yang memilih menggunakan silikon untuk menghitamkan ban karena penggunaannya lebih cepat dan warna hitamnya lebih tahan lama. Kamu juga bisa memilih cara yang satu ini.

Cara menggunakannya cukup semprotkan pada seluruh bagian ban hingga merata. Tetapi, sebelum itu, lepas terlebih dahulu ban dari motor, baru semprot dengan cairan ini. Jangan lupa untuk mencuci ban terlebih dahulu sebelum kamu lapisi dengan silikon cair.

Setelah Kamu melapisi seluruh bagian ban dengan silikon cair, langkah berikutnya adalah mendiamkannya beberapa saat hingga mengering. Setelah itu, baru Kamu bisa memasangnya kembali.

2. Menggunakan Bahan Rumahan

Ternyata minyak goreng yang sering Kamu gunakan untuk bahan memasak di dapur bisa berguna untuk menghitamkan ban motor agar tampak seperti baru lho.

Bahan yang satu ini sangat murah, jadi bisa menghemat pengeluaran untuk mendapatkan ban mengkilap.

Langkah pertama, cukup siapkan minyak goreng secukupnya dalam mangkok khusus. Setelah itu, campurkan minyak dengan air biasa sedikit saja, agar lebih mudah ketika dioleskan ke ban. Jangan lupa siapkan juga kuas khusus untuk mengoleskannya.

Langkah berikutnya adalah mulai mengolesi ban. Perlu kamu ingat, jangan mengolesi ban hingga bagian yang langsung bersentuhan dengan aspal. Ini penting untuk kamu perhatikan agar minyak tidak membuat ban tergelincir saat berkendara.

3. Menggunakan Semir Ban

Cara menghitamkan ban motor selanjutnya adalah memakai semir khusus. Semir untuk ban ini bentuknya tabung, ukurannya tidak terlalu besar, dan tentu harganya juga terjangkau. Semir tersebut tersedia dalam bentuk cair atau foam. Di pasaran, penjualan semir ini juga mudah dijumpai.

Setelah membeli semir ban, langkah berikutnya adalah mulai menyemprotkannya ke seluruh permukaan. Sebelum disemprotkan pastikan Kamu sudah membersihkan ban terlebih dahulu.

Yang perlu diperhatikan juga dalam penggunaannya adalah, jangan terlalu sering mewarnai ban dengan semir. Hal ini bisa mengurangi elastisitas ban.

4. Menggunakan Alat Kesehatan

Bahan rumahan lain yang juga bisa kamu gunakan untuk menghitamkan ban adalah pasta gigi. Untuk mendapatkan barang ini kita bisa mendapatkannya dengan mudah di toko terdekat serta dengan harga yang terbilang murah. Pasta gigi ternyata juga berfungsi untuk membuat ban kembali hitam.

Dalam penggunaannya, sebelum menghitamkan ban usahakan pasta gigi dalam keadaan bersih. Selanjutnya, siapkan sikat khusus untuk menggosokkan pasta gigi ke seluruh permukaan ban dengan hati-hati. Jika sudah digosok, Kamu tinggal membersihkan ban menggunakan lap.

Disini, ketika sedang mengolesi ban, pastikan tidak terlalu banyak mengoleskan pasta giginya. Kamu bisa menuangkan pasta gigi secukupnya saja. Jangan lupa juga untuk menyimpan peralatan seperti lap dan sikat jika ingin menghitamkan ban menggunakan bahan ini lagi di kemudian hari.

5. Menggunakan Baking Soda

Ingin menggunakan bahan lain untuk menghitamkan ban motor? Kamu bisa menggunakan baking soda. Cara menghitamkan ban motor menggunakan baking soda pun cukup mudah. Terlebih dahulu, Kamu harus mempersiapkan bahan tambahan seperti air. Selanjutnya, campur baking soda dengan air itu.

Tunggu beberapa saat sampai campuran berubah menjadi seperti pasta. Setelah itu, Kamu bisa langsung mengolesi seluruh permukaan ban dengan bantuan kuas khusus. Tunggu beberapa saat sampai ban mengering dan menghitam. Setelah itu, Kamu bisa langsung membersihkan ban.

Hasilnya tentu sangat memuaskan karena ban Kamu bisa akan tampak seperti baru. Warnanya semakin menghitam dan tidak ada lagi noda kotoran yang menempel di ban.

Setelah mengetahui beberapa metode di atas, Kamu bisa mencoba menerapkan salah satu atau beberapa di antaranya. Metode ini bisa Kamu lakukan sendiri di rumah dengan mudah.

Tinggalkan komentar