Fungsi Shock Absorber

Fungsi Shock Absorber – Banyak hal yang menentukan kenyamanan dalam berkendara, salah satu komponen paling penting adalah shock absorber.

Mengapa demikian? Alasannya karena fungsi shock absorber memang untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Saat berkendara di jalanan yang tidak rata atau terjal, otomatis kendaraan juga akan ikut bergetar akibat melewati jalan tersebut.

Di sini, shock absorber berfungsi untuk meredam getaran atau gerakan naik turun yang terjadi, sehingga pengendara bisa merasa nyaman. Secara rinci, fungsi komponen tersebut adalah sebagai berikut.

Komponen Shock Absorber dan Cara Kerjanya

Apa sebenarnya shock absorber itu? Saat sedang berkendara di jalanan yang tidak rata, pasti akan merasakan getaran yang membuat pengendara dan penumpang merasa tidak nyaman.

Apalagi jika melalui rute yang panjang, tentu akan semakin tidak nyaman. Benar bukan?

Shock absorber adalah sebuah komponen mekanik yang berfungsi untuk meredam hentakan atau kejutan yang terjadi saat berkendara.

Alat mekanik ini juga sering mendapatkan julukan peredam kejut, yang terdiri dari beberapa komponen seperti tabung shock, piston, piston rod, piston valve, dan fluida.

Komponen-komponen tersebut bekerja sebagai rangkaian sebuah sistem yang akhirnya akan memberikan kenyamanan kepada pengendara.

Sedangkan cara kerja dari shock absorber ini dimulai dari gerakan piston yang mengalirkan oli pada tabung suspensi.

Selanjutnya, oli ini akan mengalir masuk lewat lubang kecil pada shock absorber, sehingga bisa meredam kejutan atau guncangan yang terjadi saat berkendara.

Fungsi Shock Absorber

Seperti namanya, sebagai alat peredam kejut, fungsi shock absorber ini pada intinya adalah untuk mengurangi adanya getaran yang mungkin timbul saat berkendara.

Getaran ini biasanya terjadi pada saat kendaraan melewati jalanan yang tidak rata. Sedangkan fungsi detailnya adalah sebagai berikut.

1. Peredam Getaran Pada Kendaraan

Dengan sistem kerja yang ada, shock absorber ini akan mampu meredam oskilasi yang terjadi saat kendaraan melaju di jalanan.

Gerakan oskilasi ini sendiri adalah gerakan naik turun pada pegas yang terjadi akibat roda kendaraan berputar di atas jalan.

Sistem suspensi yang tidak memakai shock absorber, biasanya hanya akan mengandalkan pegas, dan guncangan yang terjadi pun akan sangat besar.

Di sini, oskilasi atau gerakan naik turun dari pegas tersebut akan membutuhkan waktu lama untuk kembali ke keadaan semula.

Dengan menggunakan shock absorber yang sudah memiliki pelumas hidrolik, gerakan oskilasi yang terjadi akan menjadi sangat pendek.

Dengan adanya pelumas yang mengalir ke sistem suspensi, maka getaran kendaraan yang terjadi pun akan kecil dan sangat nyaman ketika berkendara.

2. Menjaga Stabilitas Laju Kendaraan Sehingga Mudah Dikendalikan

Selain mengurangi getaran yang timbul saat berkendara, shock absorber ini juga bisa menjaga stabilitas kendaraan agar tetap stabil saat melaju di jalan.

Dengan adanya pelumas hidrolik pada shock absorber tersebut, maka oskilasi yang terjadi pun menjadi berkurang.

Dengan rendahnya gerakan naik turun yang terjadi pada pegas di sistem suspensi kendaraan, maka secara otomatis, laju getaran yang terjadi menjadi berkurang.

Itu artinya, laju kendaraan menjadi lebih stabil dan kendaraan mudah untuk dikendalikan.

Keadaan gerakan naik turun pegas yang rendah atau cepat, juga akan meningkatkan daya cengkeram roda kendaraan.

Hal ini akan membuat kendaraan menjadi lebih mantap saat dikendarai, dan tidak terasa ringan seperti melayang. Dengan demikian, laju kendaraan juga menjadi lebih stabil.

3. Meningkatkan Kenyamanan Pengendara Dan Penumpang

Fungsi lain dari shock absorber adalah bisa memberikan kenyamanan kepada penumpang. Dengan berkurangnya getaran yang terjadi saat kendaraan melaju, terutama di jalan yang tidak rata atau bergelombang, otomatis pengendara dan penumpang juga akan merasa lebih nyaman.

Shock absorber juga bisa menjaga stabilitas kendaraan saat dikendarai. Keadaan ini akan membuat kendaraan bisa melaju dengan baik, dan pengendara serta penumpang juga menjadi merasa tenang, meskipun pada kondisi jalan yang tidak rata dan bergelombang.

Fungsi shock absorber memang sangat penting bagi kenyamanan sebuah kendaraan. Sedikit gangguan yang terjadi pada salah satu komponen ini, akan mengganggu fungsi kerjanya, dan hal tersebut juga akan mengakibatkan ketidaknyamanan bagi Kamu saat berkendara.

Tinggalkan komentar