Penyebab Busi Motor Sering Basah

Penyebab Busi Motor Sering Basah – Busi adalah salah satu bagian onderdil motor yang sering mengalami masalah. Salah satu masalah yang biasa terjadi dalam hal ini adalah busi dalam keadaan basah, yang mengakibatkan motor menjadi mogok.

Lalu, apa sebenarnya yang menjadi penyebab busi motor sering basah tersebut?

Fungsi busi adalah untuk menghasilkan percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara, dan mengubah tegangan listrik untuk menyalakan mesin.

Jika busi ini basah, tentu kinerja tersebut tidak akan bisa berjalan dengan sempurna. Karena itulah, mengetahui beberapa penyebabnya dalam daftar berikut sangat penting.

Akibat Busi Motor Basah

Sebagaimana sudah diketahui, fungsi busi adalah untuk mengubah tegangan listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin motor.

Apabila busi dalam keadaan basah, tentu saja hal ini akan mengganggu kinerja dari busi itu sendiri. Akibat yang sudah pasti adalah, mesin tidak akan bisa menyala.

Saat busi dalam keadaan basah, otomatis tidak akan bisa menghasilkan percikan api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara. Apabila percikan api ini tidak muncul, maka otomatis pula, sistem pengapian tidak berfungsi.

Hal ini bisa terjadi saat mesin motor pertama kali akan dinyalakan, dan bisa juga terjadi saat sudah dalam perjalanan.

Apabila hal ini terjadi saat mesin motor sudah lama menyala atau ketika dalam perjalanan, maka mesin akan tiba-tiba berhenti, dan akhirnya motor mogok di jalan.

Faktor Penyebab Busi Motor Sering Basah

Busi motor yang basah, bisa terjadi karena berbagai hal. Penyebabnya bisa berasal dari busi itu sendiri, dan bisa juga disebabkan karena adanya gangguan atau efek dari onderdil lainnya.

Berikut ini adalah beberapa penyebab busi motor sering basah yang banyak dijumpai.

1. Kualitas Bahan Bakar

Kualitas bahan bakar bisa menjadi penyebab busi motor menjadi basah. Terkadang, bahan bakar yang kita beli tidak sengaja bercampur dengan air.

Hal ini akan mengganggu proses pembakaran. Ketika terjadi pembakaran bahan bakar, tidak semua bahan bakar bisa terbakar, karena mengandung air.

Air yang ada dalam campuran bahan bakar tersebut akhirnya akan membuat busi motor menjadi basah. Akibatnya, busi motor yang basah tersebut tidak bisa menghasilkan percikan api, sehingga mesin motor tidak bisa menyala.

2. Oli Masuk Ke Ruang Pembakaran

Oli yang masuk ke ruang pembakaran, memang jarang terjadi. Tetapi, hal tersebut bukan berarti tidak mungkin terjadi.

Berdasarkan fakta yang ada, busi motor bisa menjadi basah akibat oli yang masuk ke ruang pembakaran. Keadaan ini sering dialami oleh motor dengan mesin 2 tak.

Oli sendiri bisa masuk ke ruang pembakaran ketika terjadi kebocoran pada bagian silinder maupun pada ring piston.

Apabila hal ini terjadi, maka oli akan masuk ke dalam ruang pembakaran. Akibatnya, busi motor pun menjadi basah, dan ini akan berdampak pada mesin.

3. Ada Air Yang Masuk Ke Mesin

Sering tidak disadari, saat mencuci sepeda motor, air bisa masuk ke dalam mesin atau ruang pembakaran.

Hal ini terjadi, karena air pencucian motor menggenangi filter udara, dan ikut masuk ke ruang pembakaran ketika terjadi intake, atau kondisi saat mesin dinyalakan.

Hal tersebut mengakibatkan busi tidak bisa menghasilkan percikan api. Biasanya, siklus ini akan sering terulang, yang mengakibatkan terjadinya pengendapan campuran udara dan bahan bakar, yang akhirnya akan menyebabkan busi menjadi basah.

4. Busi Sudah Tidak Berfungsi

Busi motor yang basah bisa terjadi karena busi tersebut memang sudah tidak bisa berfungsi lagi. Apabila busi sudah tidak berfungsi, maka saat mesin menyala, busi tidak akan menghasilkan percikan api untuk melakukan pembakaran di ruang pembakaran.

Ketika hal tersebut terjadi, maka bahan bakar yang sudah bercampur udara akan mengakibatkan kelembaban udara di ruang pembakaran meningkat. Yang terjadi kemudian adalah, busi menjadi basah, oleh udara yang mengembun di ruang pembakaran tersebut.

Jika Anda sering menjumpai busi kendaraan Anda basah, maka pastikan dulu penyebabnya. Setelah bisa mengetahui penyebab busi motor sering basah ini, penanganannya pun berbeda.

Perlu kamu pahami juga bahwa penanganan kondisi ini memang bisa berbeda sesuai faktor yang menjadi penyebabnya.

Tinggalkan komentar