Penyebab Sensor ABS Menyala

Penyebab Sensor ABS Menyala – Anti Locking Brake System atau yang biasa kita sebut ABS adalah sebuah teknologi canggih yang populer pada kendaraan masa kini.

Dalam sistem kerjanya, jika ada yang bermasalah, maka sensor ABS akan bereaksi. Penyebab sensor ABS menyala ini pun cukup bervariasi.

ABS sendiri secara umum berfungsi untuk mencegah terkuncinya rem pada saat terjadi pengereman mendadak.

Sensor ABS yang menyala adalah sebuah pertanda adanya gangguan pada alat tersebut. Untuk mengetahui informasi lebih jauh mengenai sistem ini dan penyebabnya menyala, simak ulasannya berikut.

Mengenal Fungsi ABS

Anti Locking Brake System biasanya terdapat pada kendaraan roda empat yang nantinya berfungsi sebagai pengereman.

Fungsi utama dari ABS ini adalah untuk mencegah terjadinya sistem pengereman yang terkunci ketika terjadi pengereman mendadak.

Saat terjadi pengereman secara mendadak, biasanya sistem pengereman juga akan terkunci. Apabila hal ini terjadi, otomatis kendaraan tidak akan bisa berjalan setelah pengemudi menekan/menginjak rem.

Pengereman mendadak memang memberi resiko besar bagi kendaraan. Dengan pengereman mendadak ini, kendaraan bisa menjadi tidak stabil dan bahkan bisa menjadi oleng.

Keadaan ini tentu akan sangat membahayakan bagi pengendara dan penumpang di kendaraan tersebut. Dengan adanya ABS ini, maka sistem pengereman tidak akan terkunci meski melakukan pengereman mendadak.

Hal ini bisa mencegah kendaraan menjadi oleng dan menghindarkan pengendara dan penumpang dari resiko kecelakaan.

Penyebab Sensor ABS Bisa Menyala

Ada beberapa indikator yang menyebabkan sensor ABS bisa menyala, untuk itu kamu harus simak informasi berikut ini.

1. Ada Kabel Yang Putus

Penyebab sensor ABS menyala yang pertama adalah karena adanya kabel yang putus. ABS sendiri memiliki empat kabel yang terlihat di setiap poros roda.

Apabila salah satu dari empat kabel ini putus, maka lampu sensor ABS biasanya akan menyala dengan sendirinya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan putusnya kabel sensor ABS, Bisa karena kabel terjepit, akibat gigitan tikus, atau bisa juga akibat kesalahan pemasangan.

Untuk memastikan apakah benar ada kabel yang putus, ini bisa kita periksa sendiri atau langsung bawa saja ke bengkel agar lebih aman.

Bagaimanapun juga, apabila kabel ABS ini ada yang putus, maka harus segera menyambungnya kembali.

Bagi yang memiliki keahlian di bidang otomotif, menyambung kabel tersebut sudah biasa. Tetapi, bila tidak bisa, membawa ke bengkel adalah pilihan yang tepat.

2. Kesalahan dalam Pembongkaran

Kesalahan dalam memasang atau merangkai kembali setelah dilakukan pembongkaran pada sensor ABS, bisa juga menyebabkan lampu sensor pada ABS ini menyala. Hal tersebut sebenarnya manusiawi, namun perlu diperhatikan dengan baik.

Kesalahan yang biasa terjadi dalam kasus ini misalnya adalah kesalahan lupa tidak memasang gear sensor ABS saat memasang sistem pengereman ini.

Kesalahan lain yang bisa juga terjadi adalah memasang kabel sensor tersebut dalam keadaan terbalik, dan bisa juga karena kabel terputus saat perakitan.

Untuk mengetahui apakah penyebab sensor lampu ABS menyala ini karena ada kesalahan dalam pemasangan atau tidak, Anda bisa melihat pada bagian bawah kendaraan, tepatnya pada bagian as roda. Apabila ada perbedaan bagian kanan dan kiri, bisa dipastikan ada kesalahan dalam pemasangan.

3. Cacat Bawaan Dari Pabrik

Alasan mengapa kabel bisa menyala, juga bisa disebabkan karena cacat bawaan dari pabrik. Hal ini memang bisa terjadi, karena kurang telitinya tenaga quality control saat bekerja, sehingga tidak melihat ada yang tidak sempurna dari perangkat ABS ini.

Untuk mengetahui apakah yang menyebabkan sensor ABS ini menyala karena cacat atau bukan, sebaiknya kendaraan diperiksa oleh yang ahli di bidang ini, yaitu seorang mekanik mesin. Karena untuk mengetahuinya, membutuhkan alat khusus yang hanya dimiliki oleh bengkel resmi.

Apabila penyebabnya adalah cacat bawaan dari pabrik, maka jalan satu-satunya adalah harus mengganti bagian yang cacat tersebut dengan yang baru.

Dalam kasus ini biasanya Anda bisa mendapatkan gantinya secara gratis dari produsen kendaraan, apabila masih dalam masa garansi.

Anti Lockung Brake System ini memang memiliki peran yang cukup penting bagi kendaraan. Sedangkan penyebab sensor ABS menyala ini pun cukup variafig.

Nah, Apabila terjadi gangguan, harus segera dicari penyebabnya, agar bisa segera mendapatkan solusinya.

Tinggalkan komentar